KKMI BUARAN KAB. PEKALONGAN
berdasarkan KEPUTUSAN
DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR : 21 TAHUN 2013 tentang POS
UAMBN 2013. :
JADWAL UAMBN
UTAMA
MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
No
|
Hari dan Tanggal
|
Waktu
|
Mata Pelajaran
|
Ketr.
|
1
|
Senin
8 April 2013
|
08.00 - 09.30
|
1. Qur’an Hadist
|
50
Pilgan
|
10.00 - 11.30
|
2. Aqidah Akhlak
|
50
Pilgan
|
||
2
|
Selasa
9 April 2013
|
08.00 - 09.30
|
1. Fiqih
|
50
Pilgan
|
10.00 - 11.30
|
2. SKI
|
50
Pilgan
|
||
3
|
Rabu
10 April 2013
|
08.00 - 10.00
|
1. B. Arab
|
50
Pilgan
|
JADWAL UAMBN SUSULAN
MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
No
|
Hari dan Tanggal
|
Waktu
|
Mata Pelajaran
|
Ketr.
|
1
|
Senin
15 April 2013
|
08.00 - 09.30
|
1. Qur’an Hadist
|
50
Pilgan
|
10.00 - 11.30
|
2. Aqidah Akhlak
|
50
Pilgan
|
||
2
|
Selasa
16 April 2013
|
08.00 - 09.30
|
1. Fiqih
|
50
Pilgan
|
10.00 - 11.30
|
2. SKI
|
50
Pilgan
|
||
3
|
Rabu
17 April 2013
|
08.00 - 10.00
|
1. B. Arab
|
50
Pilgan
|
KISI-KISI UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH
1. Al-Qur’an-Hadis (Madrasah Ibtidaiyah)
Terdiri dari 47 Indikator
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
LULUSAN INDIKATOR
|
1.
|
Membaca, menghafal,menulis, dan memahami Surat-surat pendek dalam Al-Qur'an surat Al Faatihah, An-Naas sampai dengan surat ad-Dhuha.
|
1. Melengkapi dengan lafal yang tepat salah satu ayat surat al-‘Adiyat.
2. Menentukan nomor ayat salah satu ayat surat al-Insyirah.
3. Menentukan lafal ayat sesuai dengan terjemahan potongan ayat surat an-Nashr.
4. Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat
5. Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat
6. Menentukan lafal ayat dari terjemah salah satu ayat surat al-Lahab.
7. Menentukan contoh bacaan idghom bighunnah.
8. Menentukan hukum bacaan ikhfa’ pada salah satu ayat surat al-Insyirah.
9. Menentukan nomor ayat dari salah satu terjemah ayat surat al-Kaafirun.
10. Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat al-Kaafiruun.
11. Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat al-Ma’un.
12. Menentukan lafal ayat dari salah satu terjemah surat at-Takatsur.
13. Menjelaskan isi kandungan dari salah satu ayat surat at-Takatsur.
14. Melengkapi ayat dengan lafal yang tepat pada salah satu ayat surat al-‘Alaq.
15. Menentukan lafal ayat dari nomor ayat surat al-‘Alaq.
16. Menerjemahkan lafal dari salah satu ayat surat al-Qodr.
17. Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat al-Qodr.
18. Mengidentifikasi ayat yang termasuk surat ad-Dhuha dari beberapa ayat surat pendek.
19. Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat ad-Dhuha.
20. Menentukan lafal yang mengandung hukum bacaan idghom bilaghunnah pada sura ad-Dhuha.
21. Melengkapi salah satu ayat surat ad-Dhuha yang belum lengkap dengan lafal yang tepat.
22. Mengurutkan beberapa ayat surat ad-Dhuha.
23. Menerjemahkan salah satu ayat surat ad-Dhuha.
24. Menentukan ayat dari salah satu terjemahan surat ad-Dhuha.
25. Menyebutkan isi kandungan dari salah satu ayat surat ad-Dhuha.
26. Menentukan nomor ayat dari salah satu ayat surat al-Bayyinah.
27. Menentukan lafal yang mengandung hukum bacaan iqlab pada beberapa lafal dalam surat al-Bayyinah.
28. Menentukan nomor ayat pada salah satu potongan. ayat surat al-Bayyinah.
29. Melengkapi potongan salah satu ayat surat al-Bayyinah dengan lafal yang tepat.
30. Mengurutkan salah satu potongan ayat surat al-Bayyinah.
31. Melengkapi potongan ayat surat al-Bayyinah dengan lafal yang tepat.
32. Menentukan nomor ayat dari lafal awal salah satu ayat surat al-Bayyinah.
33. Menentukan hukum bacaan mad wajib muttashil dari surat al-Bayyinah.
|
2.
|
Menghafal, memahami arti, dan megamalkan hadits hadits pilihan tentang akhlak dan amal salih
|
34. Menerjemahkan lafal pada potongan hadits tentang niat.
35. Menyebutkan maksud dari lafal pada hadits tentang silaturrahmi.
36. Menerjemahkan lafal pada hadits tentang menyayangi anak yatim.
37. Menjelaskan perumpamaan kedekatan orang yang memelihara anak yatim dengan Rasulullah SAW.
38. Menentukan lafal dengan tepat pada potongan terjemah hadits tentang takwa.
39. Menyebutkan isi pokok kandungan hadits tentang takwa.
40. Menerjemahkan lafal pada hadits tentang ciri-ciri munafik.
41. Menyebutkan isi kandungan potongan hadits tentang cirri-ciri munafik.
42. Menyebutkan isi kandungan hadits tentang keutamaan memberi.
43. Menentukan lafal dari terjemahan potongan hadits tentang keutamaan memberi.
44. Menerjemahkan lafal dari hadits tentang amal salih.
45. Menjelaskan isi kandungan hadits tentang amal salih.
46. Menyebutkan kegiatan yang termasuk sedekah jariyah.
47. Menentukan do’a anak shalih terhadap orang tua.
|
2. Fikih (Madrasah Ibtidaiyah)
Terdiri dari 42 Indikator
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
LULUSAN INDIKATOR
|
1.
|
Mengenal dan melaksanakan hukum Islam yang berkaitan dengan macam-macam zakat, ketentuan zakat fitrah, ketentuan infak dan sedekah, dan macam-macam dan ketentuan salat Id.
|
1. Menjelaskan macam-macam zakat
2. Menjelaskan ketentuan zakat yang dikeluarkan
3. Menjelaskan golongan penerima zakat
4. Menjelaskan waktu pengeluaran zakat
5. Menjelaskan manfaat zakat
6. Menjelaskan pengertian infak dan sedekah
7. Menjelaskan contoh amalan infak dan sedekah
8. Menjelaskan manfaat infak dan sedekah
9. Menjelaskan macam-macam salat Id ain.
10. Menjelaskan amalan sunah salat Id ain
11. Menjelaskan ketentuan salat Id ain.
|
2.
|
Mengenal dan melaksanakan hukum islam yang berkaitan dengan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram, binatang yang halal dan haram dagingnya, dan manfaat makanan dan minuman halal.
|
12. Menyebutkan contoh makanan atau minuman yang halal atau haram.
13. Menjelaskan makanan haram sababi atau haram aini.
14. Menyebutkan contoh binatang yang halal atau haram dagingnya.
15. Menjelaskan manfaat makanan atau minuman halal
16. Menjelaskan akibat makan makanan atau minuman haram.
|
3.
|
Mengenal dan melaksanakan
hukum Islam yang berkaitan
dengan ketentuan dan tata
cara berkurban, pelaksanaan
ibadah haji, khitan, dan tata
cara pelaksanaan jual beli dan
pinjam meminjam.
|
17. Menjelaskan dasar hukum berkurban.
18. Menjelaskan syarat hewan kurban.
19. Menjelaskan waktu pelaksanaan kurban.
20. Menjelaskan manfaat kurban.
21. Menjelaskan rukun haji.
22. Menjelaskan amalan haji.
23. Menjelaskan wajib haji.
24. Menjelaskan tata cara pelaksanaan haji.
25. Menjelaskan hikmah ibadah haji.
26. Menjelaskan mandi wajib setelah haid.
27. Menjelaskan rukun mandi wajib.
28. Menjelaskan dasar hukum larangan bagi wanita haid.
29. Menjelaskan sunah mandi wajib
30. Menjelaskan amalan yang diperbolehkan bagi wanita haid.
31. Menjelaskan hukum khitan.
32. Menjelaskan hikmah khitan.
33. Menjelaskan perbuatan fitrah manusia.
34. Menjelaskan dasar hukum jual beli.
35. Menjelaskan rukun jual beli.
36. Menjelaskan syarat-syarat jual beli.
37. Menjelaskan contoh jual beli yang halal atau haram.
38. Menjelaskan khiar.
39. Menjelaskan jenis khiar.
40. Menjelaskan manfaat khiar.
41. Menjelaskan kewajiban peminjam.
42. Menjelaskan hukum pinjam meminjam.
|
3. Akidah Akhlak (Madrasah Ibtidaiyah)
Terdiri dari 45 Indikator
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
LULUSAN INDIKATOR
|
1.
|
Mengenal dan meyakini rukun iman dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui pembiasaan dalam mengucapkan kalimatkalimat thayyibah, pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan alasma’ al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari.
|
1. Menyebutkan arti kalimat thayyibah
2. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al-Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)
3. Menyebutkan nama kitab dan nabi penerimanya
4. Mengidentifikasi keuntungan berakhlak terpuji
5. Mengidentifikasi sikap Masyithah ketika akan menghadapi hukuman dari Fir’aun
6. Mengidentifikasi contoh akhlak tercela Tsa’labah
7. Menyebutkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah salam
8. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)
9. Menyebutkan tugas seorang rasul
10. Menyebutkan cara meneladani sifat wajib bagi rasul
11. Mengidentifikasi akhlak terpuji dari rasul yang termasuk dalam Ulul Azmi
12. Menunjukkan cara menghindari sifat munafik
13. Menyebutkan waktu mengucapkan kalimat thayyibah
14. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq,al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
15. Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
16. Menyebutkan tanda-tanda kiamat
17. Menjelaskan sifat terpuji (qanaah, optimis dan tawakkal)
18. Menyebutkan adab ketika berada di tempat ibadah atau tempat umum
19. Menyebutkan ciri akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa)
20. Menyebutkan lafadz kalimat thayibah tarji’
21. Menyebutkan makna al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)
22. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)
23. Menyebutkan keuntungan memiliki akhlak terpuji (teguh pendirian dan dermawan)
24. Menyebutkan perilaku orang yang berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
25. Menyebutkan akhlak yang tidak perlu diteladani dari kisah Qarun
26. Menyebutkan arti kalimat thayyibah istighfar
27. Menyebutkan keuntungan membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah istighfar
28. Menunjukkan bukti bahwa Allah swt. bersifat sesuai dengan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
29. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
30. Menyebutkan pengertian takdir Allah swt.
31. Menyebutkan hikmah beriman kepada takdir Allah swt.
32. Menunjukkan sikap yang tepat ketika menghadapi takdir Allah swt.
33. Memberi contoh takdir Allah swt.
34. Mengidentifikasi salah satu contoh perilaku akhlak terpuji
35. Menyebutkan istilah akhlak terpuji (tanggung jawab, adil, dan bijaksana) dalam agama Islam
36. Memberi contoh akhlak terpuji
37. Menyebutkan tanda-tanda akhlak tercela
38. Menyebutkan salah satu contoh dari akhlak tercela
39. Menyebutkan salah satu contoh perbuatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad
40. Mengidentifikasi kerugian mempunyai sifat marah
41. Menyebutkan jumlah minimal istihgfar yang dibaca Nabi Muhammad saw. dalam sehari semalam
42. Menyebutkan pengertian taubat
43. Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim)
44. Menyebutkan sifat sabar dan taubat dari kisah Nabi Ayub as. dan kisah Nabi Adam as.
45. Terbiasa berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan
|
4. Sejarah Kebudayaan Islam (Madrasah Ibtidaiyah)
Terdiri dari 49 Indikator
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
LULUSAN INDIKATOR
|
1.
.
|
Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra- Islam.
|
1. Menentukan kebiasaan masyarakat Arab pra Islam.
2. Menentukan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam
|
2.
.
|
Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Rasulullah SAW.
|
3. Menentukan kejadian luar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW.
4. Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada peristiwa peletakan hajar Aswad.
5. Menentukan usia Nabi Muhammad SAW ketika menikah.
6. Menentukan masa Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.
7. Menentukan salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW.
8. Menyebutkan golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam.
9. Menyebutkan tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi.
10. Menentukan dasar perintah berda’wah.
11. Menyebutkan nama paman Nabi Muhammad SAW yang menentang da’wah Nabi Muhammad SAW.
12. Mengidentifikasi sifat yang wajib dimiliki oleh para Nabi dan Rasul,
13. Menentukan pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
14. Menyebutkan hikmah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
15. Menyebutkan sahabat yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsy.
16. Menyebutkan hikmah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
17. Menyebutkan nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah.
18. Menyebutkan nama tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum kafir quraisy.
19. Menyebutkan upaya pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika sampai di Madinah.
20. Menyebutkan cara Nabi Muhammad SAW dalam membina kerukunan masyarakat Madinah.
21. Menentukan peraturan yang berisi tentang prinsipprinsip persamaan, persaudaraan, dan perdamaian di Madinah.
22. Menentukan keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam.
23. Menentukan fungsi lembaga/bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah.
24. Menjelaskan terjadinya perang yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
25. Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah.
26. Menentukan sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu Makkah.
27. Menentukan wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW.
28. Menentukan waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW.
|
3.
|
Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah khulafaurrasyidin
|
29. Menjelaskan pengertian khulafaur Rasyidin.
30. Mengidentifikasi Khulafaur Rasyidin.
31. Menentukan Kepribadian Sahabat Nabi Muhammad SAW.
32. Menyebutkan kebijakan khalifah Abu Bakar dalam berdakwah.
33. Menyebutkan jasa-jasa khalifah Abu Bakar bagi umat islam.
34. Menyebutkan nama panitia pengumpulan Al Qur’an yang dilakukan pada masa khalifah Abu Bakar.
35. Menentukan periodisasi Khulafaur Rasyidin.
36. Menyebutkan gelar salah satu sahabat Khulafaur Rasyidin.
37. Menentukan nama dewan dan tugasnya yang dibentuk pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Khattab.
38. Menyrbutkan jasa-jasa Umar bin Khattab sebagai kalifah kedua.
39. Menyebutkan akhir masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab.
40. Menjelaskan Silsilah Usman bin Affan.
41. Menjelaskan kehidupan Utsman bin Affan.
42. Menyebutkan kebijakan/jasa Khalifah Usman bin Affan.
43. Menjelaskan pemerintahan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah ke empat.
44. Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi Thalib.
45. Menjelaskan akhir kepemimpinan Ali bin Abi Thalib.
46. Menentukan nama kelompok yang muncul pada khalifah Ali bin Abi Thalib.
|
4.
|
Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari perjuangan tokohtokoh agama Islam di daerah masing-masing.
|
47. Menentukan wilayah kepulauan tempat dakwah Wali Songo.
48. Menentukan nama wali songo yang berasal dari salah satu daerah.
49. Menentukan nama wali songo yang menyebarkan agama islam dengan media seni wayang.
|
5. Bahasa Arab (Madrasah Ibtidaiyah)
Terdiri dari 50 Indikator
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
LULUSAN INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialoq tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
|
1. menentukan ungkapan pertanyaan dengan benar dan tepat tentang اَلتَّعَارُفُ
2. menentukan jenis peralatan sekolah tentangَ
اَلأدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ
3. menentukan profesi seseorang tentang اَلْمِهْنَةُ
4. menentukan angka-angka telephon tentang اَلْعُنْوَانُ di dalam bahasa Arab
5. menentukan huruf jar yang sesuai pada pola kalimat ال + اسم مفرد + جارمجرور (فى) tentang الاُسْرَةُ
6. menentukan personal keluarga tentang اَلْحَيَاةُ اْلعَائِلِيَّةُ
7. melengkapi kata sifat tentang فِي اْلبَيْت
8. menentukan kosa kata jenis ruang tentang فِي اْلبَيْت
9. menentukan kalimat tanya yang benar tentang فِى الْحَدِيْقَة
10. menentukan kt. sifat yang benar (اسم صفة +اسم + ال (
tentang فِى اْلمَدْرَسَةِ
11. menerjemahkan ke dalam bahasa Arab yang benar tentang فِى اْلمَدْرَسَةِ
12. siswa dapatmenggunakan huruf jar /Zarful makan yangbenar tentang فِى اْلمَكْتَبَةِ
13. menentukan jenis kegiatan tentang فِي اْلمَقْصَفِ
14. menentukan arah jarum jam dengan hitungan menityang tepat tentang السَّاعَة
15. menentukan arah jarum jam dengan hitungan menityang lebih tentang السَّاعَة
16. menunjukkan waktu dengan hitungan menit yang lebihke dalam bahasa Arab tentang السَّاعَة
17. menunjukkan waktu dengan hitungan menit yang kurang tentang السَّاعِة
18. menentukan kata kerja فعل مضارع dengan dhomirnya.tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
19. menentukan kalimat tanya tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
20. menentukan dhomir dengan fiil mudhari’ tentang
اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
21. menerjemahan ke dalam bahasa Arab tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
22. menentukan dhomir yang sesuai dengan fiil mudhori’tentang kegiatan اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
23. menentukan kalimat tanya yang tepat dan benar tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
24. menentukan perubahan subjek muzakkar mufradmenjadi mutakallim mufrad tentang اَلْوْاجِبُ اْلمَنْزِلِى
25. merubah dari fiil mudhari’. ke fiil madhi tentang
اَلْوَاجِبُ اْلمَنْزِلِى
26. menerjemahkam ke dalam bahasa Indonesia tentang
اَلْوَاجِبُ اْلمَنْزِلِى
27. melengkapinya dengan keterangan waktu yang sesuaidengan jam tentang اَلْوْاجِبُ اْلمَنْزِلِى
28. menentukan kata kerja fiil madhi dengan subjeknya
(ضمير) tentang الرَّحْلَةُ
29. menentukan jenis alat transportasi tentang الرَّحْلَةُ
30. menerjemahkan alat transportasi ke bahasa Indonesia tentang الرَّحْلَةُ
31. menyesuaikan subjek muzakkar dengan muannasterhadap fiil madhi tentang الرَّحْلَةُ
|
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
|
32. menentun kalimat isitfham tentang التَّعَارُف
33. menentukan susunan kalimat yang tepat tentang
الأَدَوَاتُ اْلمَدْرَسِيَّةُ
34. menentukan profesi tentang اَلْمِهْنَةُ
35. menentukan penulisan keterangan tempat tentang اَلْعُنْوَانُ
36. menentukan anggota keluarga tentang الاُسْرَةُ dengan pola kalimat isim isyarat
37. menentukan penggunaan اسم اشارة tentang اَلْحَيَاةُ اْلعَائِلِيَّةُ
38. menentukan kesesuaian isim terhadap sifatnya tentang
فِى اْلبَيْتِ
39. menentukan sifat tentang+ اْلاَلْوَانُ فِى الْحَدِيْقَة
40. menentukan kosa kata peralatan sekolah tentang فِى اْلمَدْرَسَةِ
41. menentukan penggunaan ظرف المكان tentang فِى اْلمَكْتَبَةِ
42. menentukan jenis minuman tentang فِي اْلمَقْصَفِ
43. siswa dapat menentukan huruf istifham tentang السَّاعَة
44. menentukan penggunaan kata dhomir muttasil , tentang
اَلْحَيَاةُ اْلعَائِلِيَّةُ ُ
45. siswa dapat menentukan kata kerja tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
46. menentukan kata kerja perintah yang sesuai dengandhomir tentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
47. menentukan terjemahan teks tersebut ke dalam bahasaArab tentang اَلْوْاجِبُ اْلمَنْزِلِى
48. menentukan penggunaan dengan fiil madhi yang tepattentang اْلاَعْمَالُ اْليَوْمِيَة
49. menentukan susunan kalimat yang tepat tentang الرَّحْلَةُ
50. menerjemahkan ke dalam bahasa Arab tentang الرَّحْلَةُ
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar